Minggu, 18 Oktober 2015

Tugas Softkskill 1 4IA19_SEO (Search Engine Optimization)

SEO (Search Engine Optimization)


Apa itu SEO? SEO singkatan dari “Search Engine Optimization” yang artinya adalah sebuah proses optimasi situs web dengan memanfaatkan mekanisme atau algoritma mesin pencari yang bertujuan untuk menempatkan situs web tersebut agar berada di halaman pertama mesin pencari. Misalnya seperti gambar diatas yang merupakan hasil pencarian dari pengguna internet. Jika sebuah situs web (website) berada di halaman pertama mesin pencari, maka mereka akan mendapatkan banyak pengunjung.










SEO merupakan istilah yang lazim di kalangan webmaster atau pemilik situs web di internet dan merupakan kebutuhan pokok bagi perusahaan yang berbasis web. Menurut seorang pengamat search engine bernama Danny Sulivan, istilah SEO ini muncul pertama kali pada tanggal 26 Juli 1997 melalui sebuah pesan spam yang diposting di Usenet (sebelum internet).

SEO adalah teknik untuk:
  • merancang dan mengembangkan sebuah situs web untuk peringkat yang baik dalam hasil mesin pencari.
  • meningkatkan volume dan kualitas lalu lintas ke situs web dari mesin pencari.
  • membantu Search Engine menemukan situs Anda dari jutaan situs lain dalam menanggapi permintaan pencarian.
  • membantu Anda mendapatkan Visitor Organik dari Search Engine.



Secara teknik, SEO dibagi dua : 

1.   SEO ONPAGE (Onpage Seo)

Seo onpage adalah sebuah optimasi situs web yang dilakukan di website itu sendiri. Misalnya, menggunakan robots.txt, memasang kata kunci di html template situs web (meta tag deskripsi dan keyword), menautkan link internal di setiap postingan, membuat garis bawah pada kata atau kalimat di artikel, penggunaan warna, garis miring, tanda petik, huruf tebal dan sebagainya yang bertujuan untuk menarik perhatian mesin pencari.


2.   SEO OFFPAGE (Offpage Seo)

Seo offpage adalah sebuah optimasi situs web yang dilakukan dengan menggunakan bantuan website lain. Misalnya dengan menggunakan backlink atau menautkan URL blog yang dioptimasi di website lain yang memiliki peringkat lebih tinggi.

Berdasarkan prinsip pedoman mesin pencari (pagerank), jika banyak website yang mengarahkan linknya atau merujuk ke sebuah website, maka website yang dituju tersebut akan dianggap sebagai website penting dan akan diberikan peringkat halaman oleh mesin pencari. Ini disebut baclink.

Sehingga website yang banyak mendapat backlink tersebut akan bisa berada di halaman pertama hasil pencarian ketika ada pengunjung yang menuliskan kata kunci yang terkait dengan website tersebut.


Dengan semakin ketatnya persaingan dalam perebutan posisi teratas di mesin pencari seperti google, yahoo dan bing, maka semakin banyak pula kebutuhan backlink bagi sebuah website. Sehingga banyak pula perusahaan-perusahaan di internet yang menjual jasa sebagai penyedia backlink.


Cara Kerja Search Engine

Jika Anda berencana untuk melakukan beberapa dasar SEO, sangatlah penting bahwa Anda memahami bagaimana mesin pencari bekerja.

Bagaimana Bekerja Search Engine?

Mesin pencari melakukan beberapa kegiatan dalam rangka untuk memberikan hasil pencarian. Pertama, mesin pencari menjelajah Web untuk melihat apa yang ada. Tugas ini dilakukan oleh sebuah software, yang disebut crawler atau spider (atau Googlebot, seperti halnya dengan Google).
  • Crawling : Proses mengambil semua halaman atau page web yang terhubung ke situs web. Tugas ini dilakukan oleh perangkat lunak, yang disebut crawler atau spider (atau Googlebot, dalam kasus Google).
  • Indexing : Proses menciptakan indeks untuk semua halaman web diambil dan menjaga mereka ke dalam database dan nanti dapat diambil. Pada dasarnya, proses pengindeksan adalah mengidentifikasi kata-kata dan ungkapan yang paling menggambarkan halaman dan menugaskan halaman untuk kata kunci tertentu.
  • Processing : Ketika datang permintaan pencarian, mesin pencari proses itu, yakni membandingkan string pencarian dalam permintaan pencarian dengan halaman yang terindeks dalam database.
  • Calculating Relevancy : Sangat mungkin bahwa lebih dari satu halaman berisi deretan pencarian, sehingga mesin pencari mulai menghitung relevansi dari setiap halaman dalam indeks untuk rangkaian pencarian.
  • Retrieving Results : Langkah terakhir dalam kegiatan mesin pencari mengambil hasil terbaik yang cocok dengan keyword.

Search engine seperti Google dan Yahoo! sering memperbarui puluhan algoritma relevansi mereka per bulan. Bila Anda melihat perubahan dalam peringkat situs Anda itu adalah karena pergeseran algoritmik atau sesuatu yang lain di luar kendali Anda.

Meskipun prinsip dasar operasi dari semua Search Engine sama, perbedaan kecil antara algoritma relevansi mereka menyebabkan perubahan besar dalam hasil relevansi.

Apa itu SEO Copywriting?


SEO Copywriting adalah teknik menulis teks dapat dilihat pada halaman web sedemikian rupa ata unik sehingga dapat dibaca dengan baik oleh visitor, dan juga menargetkan istilah pencarian tertentu. Tujuannya adalah untuk peringkat tinggi dalam Search Engine untuk istilah pencarian yang ditargetkan, Ini termasuk Judul, Deskripsi, Kata Kunci tag, judul, dan anchor teks ke artikel lain.

Sumber : 

http://juragancipir.com/seo-adalah/
http://winxseven.blogspot.com/2015/04/apa-itu-seo.html

 
;