Selasa, 25 November 2014

Desain Pemodelan Grafik

Desain Pemodelan Grafik

Desain Pemodelan Grafik terdiri dari 3 kata yaitu desain, pemodelan, dan grafik.



   
1. Desain

Desain atau yang sering disebut sebagai seni terapan, atau arsitektur. Desain memiliki arti yaitu proses membuat dan menciptakan obyek baru dalam bentuk sebuah rencana atau obyek nyata. Pengertian desain secara umum yaitu suatu pemikiran baru yang fundamental seni dengan tidak hanya menitik-beratkan pada nilai estetik, namun juga aspek fungsi dan latar industri secara massa, yang memang pada realitanya pengertian desain tidak hanya digunakan dalam dunia seni rupa saja, namun juga dalam bidang teknologi, rekayasa, dll.

2. Pemodelan

Pemodelan diambil dari kata model yang artinya rencana, representasi, atau deskripsi yang menjelaskan suatu objek, sistem, atau konsep, yang seringkali berupa penyederhanaan atau idealisasi. Bentuknya dapat berupa model fisik (maket, bentuk prototipe), model citra (gambar rancangan, citra komputer), atau rumusan matematis. Dalam hal ini model dirujukkan pada representasi objek seperti : model benda (representasi fisik suatu objek), model berskala (replika atau purwarupa suatu objek), model 3D (representasi tiga dimensi suatu objek), model manusia (representasi dari manusia yang dapat ditiru oleh manusia lainnya).

3. Grafik

Grafik berasal dari kata grafika yang artinya segala cara pengungkapan dan perwujudan dalam bentuk huruf, tanda, dan gambar yang diperbanyak melalui proses percetakan guna disampaikan kepada khalayak. Contohnya adalah : foto, gambar/drawing, Line Art, grafik, diagram, tipografi, angka, simbol, desain geometris, peta, gambar teknik, dan lain-lain.
Secara keseluruhan Desain grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin. Desain grafis diterapkan dalam desain komunikasi dan fine art. Seperti jenis desain lainnya, desain grafis dapat merujuk kepada proses pembuatan, metoda merancang, produk yang dihasilkan (rancangan), atau pun disiplin ilmu yang digunakan (desain).

Desain grafis memiliki unsur yaitu bentuk, tekstur, garis, ruang, warna yang membentuk prinsip-prinsip desain visual. Dimana prinsip-prinsip tersebut meliputi keseimbangan, tekanan, proporsi, dan kesatuan yang membentuk aspek-aspek structural komposisi yang lebih luas.
Desain pemodelan grafis adalah suatu ilmu yang mempelajari tentang membuat dan menciptakan obyek baru berupa seni terapan, arsitektur, dan berbagai pencapaian kreatif lainnya yang direkayasa perangkat lunak merupakan suatu hal yang dilakukan di tahapan awal untuk pembuatan,penyimpanan,dan manipulasi model dan citra.

Desain Pemodelan Grafis juga berkaitan erat dengan grafik komputer. Berikut kegiatan yang terkait dengan grafik komputer :

               Pemodelan geometris yaitu menciptakan model matematika dari objek- objek 2D dan 3D.
               Rendering yaitu memproduksi citra yang lebih solid dari model yang telah dibentuk.
               Animasi yaitu menetapkan/menampilkan kembali tingkah laku/behavior objek bergantung waktu. 
               Kerangka Grafik Komputer.
               Graphic library/package (contoh:Open GL) adalah perantara aplikasi dan display hardware (Graphic System.
               Application program memetakan objek aplikasi ke tampilan/citra dengan memanggil graphics library.
               Hasil dari interaksi user menghasilkan/modifikasi citra.

               Citra merupakan hasilakhir dari sintesa, desain, manufaktur, visualisasi dll.

Design Modeling Graphics

Design Modeling Graphics consists of three words, namely the design, modeling, and graphics.
  
1. Design

Design or often referred to as the applied art, or architecture. Design has a meaning that is the process of making and creating new objects in the form of a plan or a real object. Understanding of design in general is a fundamental new thinking not only of art with emphasis on aesthetic value, but also aspects of the industry as a background function and mass, which is in reality the sense of design is not only used in the art world, but also in the field of technology, engineering, etc.

2. Modeling

Modeling is taken from the word model means plans, representations, or descriptions that describe an object, system, or concept, which is often in the form of simplification or idealization. The form can be either physical models (mockups, prototype), the model image (image design, computer images), or mathematical formulas. In this case referred to the object representation models such as: a model object (a physical representation of an object), scale model (replica or a prototype of an object), the 3D model (three-dimensional representation of an object), human model (representation of a human being that can be replicated by man other).

3. Graph

The graph is derived from the word graph which means all manner of disclosure and embodiment in the form of letters, signs, and images were reproduced through the printing process in order to be delivered to the audience. Examples are: photo, picture / drawing, Line Art, graphs, diagrams, typography, numbers, symbols, geometric designs, maps, engineering drawings, and others.
Overall Graphic design is a form of visual communication that uses images to convey information or message as effectively as possible. Graphic design is applied in communication design and fine art. As with other types of design, graphic design can refer to the process of manufacture, design methods, the resulting product (design), or any discipline that is used (design).

Graphic design has elements of shape, texture, line, space, colors that make up the visual design principles. Where these principles include the balance, pressure, proportion, and unity that form the structural aspects of a larger composition.

Design of graphical modeling is a study of making and creating new objects in the form of applied art, architecture, and various other creative achievement engineered software is something that is done in the early stages of manufacture, storage, and manipulation of models and images.

Design Modeling Graphics also closely related to computer graphics. The following activities related to computer graphics:

         Geometric Modeling of creating a mathematical model of 2D and 3D objects.
         Rendering is producing a more solid image of the model has been established.
         Animation is set / display back behavior / behavior of time-dependent objects.
         Framework for Computer Graphics.
         Graphic library / package (example: Open GL) is an intermediary application and display hardware (Graphic System.
         Application program mapped application objects to the display / graphics image by calling the library.
         Results of user interactions generate / modify the image.
         The image is hasilakhir of the synthesis, design, manufacturing, visualization etc.


Referensi : http://sayamanusia-kukubima.blogspot.sg/2013/11/desain-pemodelan-grafik.html


 
;