Pengantar
Teknologi Internet dan New Media
TEORI
Internet berasal dari kata International Networking, mempunyai arti dua komputer atau lebih yang saling berhubungan membentuk jaringan komputer hingga meliputi jutaan komputer di dunia (internasional), yang saling berinteraksi dan bertukar informasi, sedangkan dari segi ilmu pengetahuan, internet merupakan sebuah perpustakaan besar yang didalamnya terdapat jutaan (bahkan milyaran) informasi atau data yang dapat berupa teks, grafik, audio , video maupun animasi dan lain lain dalam bentuk media elektronik.
Internet berasal dari kata International Networking, mempunyai arti dua komputer atau lebih yang saling berhubungan membentuk jaringan komputer hingga meliputi jutaan komputer di dunia (internasional), yang saling berinteraksi dan bertukar informasi, sedangkan dari segi ilmu pengetahuan, internet merupakan sebuah perpustakaan besar yang didalamnya terdapat jutaan (bahkan milyaran) informasi atau data yang dapat berupa teks, grafik, audio , video maupun animasi dan lain lain dalam bentuk media elektronik.
Sejarah internet sendiri dimulai dikembangan pada tahun
1969 oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat yang pada saat itu sedang
membangun sebuah proyek yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency
Network). Tujuan dari proyek ini adalah untuk kepentingan militer pertahanan AS
dalam memecahkan masalah komunikasi antar komputer dalam jarak jauh dengan
menggunakan jaringan telepon. Saat itu banyak dibuat jaringan komputer yang
disebar dan dihubungkan di daerah-daerah vital dan manfaat internet ini untuk mengantisipasi
bila terjadi serangan nuklir. Pada 1970, sudah lebih dari 10 komputer yang
berhasil dihubungkan satu sama lain sehingga mereka bisa saling berkomunikasi
dan membentuk sebuah jaringan. Tahun 1972, Roy Tomlinson berhasil
menyempurnakan program e-mail yang ia ciptakan setahun yang lalu untuk ARPANET.
Program e-mail ini begitu mudah sehingga langsung menjadi populer. Pada tahun
yang sama, icon @ juga diperkenalkan sebagai lambang penting yang menunjukan
"at" atau "pada". tahun 1973, jaringan komputer ARPANET
mulai dikembangkan ke luar Amerika Serikat. Komputer University College di
London merupakan komputer pertama yang ada di luar Amerika yang menjadi anggota
jaringan Arpanet. Pada tahun yang sama, dua orang ahli komputer yakni Vinton
Cerf dan Bob Kahn mempresentasikan sebuah gagasan yang lebih besar, yang
menjadi cikal bakal sejarah internet. Ide ini dipresentasikan untuk pertama
kalinya di Universitas Sussex.
Hari bersejarah berikutnya adalah tanggal 26 Maret 1976,
ketika Ratu Inggris berhasil mengirimkan e-mail dari Royal Signals and Radar
Establishment di Malvern. Setahun kemudian, sudah lebih dari 100 komputer yang
bergabung di ARPANET membentuk sebuah jaringan atau network. Pada 1979, Tom
Truscott, Jim Ellis dan Steve Bellovin, menciptakan newsgroups pertama yang
diberi nama USENET. Tahun 1981 France Telecom menciptakan gebrakan dengan
meluncurkan telpon televisi pertama, dimana orang bisa saling menelpon sambil
berhubungan dengan video link. Tahun 1990 adalah tahun yang paling bersejarah,
ketika Tim Berners Lee menemukan program editor dan browser yang bias
menjelajah antara satu komputer dengan komputer yang lainnya, yang membentuk
jaringan itu. Program inilah yang disebut www, atau Worl Wide Web. Tahun 1992,
komputer yang saling tersambung membentuk jaringan sudah melampaui sejuta
komputer, dan di tahun yang sama muncul istilah surfing the internet. Tahun
1994, situs internet telah tumbuh menjadi 3000 alamat halaman, dan untuk
pertama kalinya virtual-shopping atau e-retail muncul di internet. Dunia
langsung berubah. Di tahun yang sama Yahoo! didirikan, yang juga sekaligus
kelahiran Netscape Navigator 1.0.
Media baru atau New Media adalah istilah yang dimaksudkan untuk mencakup kemunculan digital,
komputer, atau jaringan teknologi informasi dan komunikasi di akhir abad ke-20.
Sebagian besar teknologi yang digambarkan sebagai “New Media” adalah digital,
seringkali memiliki karakteristik dapat dimanipulasi, bersifat jaringan, padat,
mampat, interaktif dan tidak memihak. Beberapa contoh dapat seperti Internet,
website, komputer multimedia, permainan komputer, CD-ROMS, dan DVD. Media baru bukanlah televisi, film, majalah,
buku, atau publikasi berbasis kertas. Sebagian besar, teknologi new media
mencakup beberapa bagian antara lain adalah teks, gambar, audio, video, dan
animasi. Teks merupakan suatu tampilan tulisan dari gabungan kata-kata yang
tersambung menjadi kalimat. Gambar merupakan sebuah struktur data yang mewakili susunan piksel warna
yang ditampilkan pada layar monitor, kertas atau media tampilan lainnya. Audio adalah media yang
hanya keluar sebagai suara, dan hanya bisa dijangkau dengan indera pendengaran.
Video merupakan suatu gabungan antara suara dengan gambar yang terhubung antara
satu dengan yang lainnya pada suatu file.
Teori Digital adalah sebuah konsep pemahaman dari
perkembangan Zaman mengenai Teknologi dan Sains, dari semua yang bersifat
manual menjadi otomatis ,dan dari semua yang bersifat rumit menjadi ringkas .
Digital adalah sebuah metode yang Complex, dan fleksibel yang membuatnya
menjadi sesuatu yang pokok dalam kehidupan manusia.Teori Digital selalu
berhubungan dengan Media , mengapa ? , karena Media adalah sesuatu yang terus
berkembang . Mungkin banyak diantara kita masih belum faham yang namanya New
Media /Media baru .
Media sosial adalah sebuah media
online, dimana para penggunanya dapat dengan mudah berpartisipasi, berbagi
(sharing), dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan
dunia virtual. Blog, jejaring sosial dan wiki merupakan bentuk media sosial
yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia. Pengertian media sosial atau dalam bahasa inggris “Social
Media” menurut tata bahasa, terdiri dari kata “Social” yang
memiliki arti kemasyarakatan atau sebuah interaksi dan “Media” adalah
sebuah wadah atau tempat sosial itu sendiri.
Menurut
Andreas
Kaplan dan Michael Haenlein,
mendefinisikan media sosial sebagai
“Sebuah kelompok aplikasi berbasis internet yang membangun di atas dasar
ideologi dan teknologi Web 2.0 , dan yang memungkinkan penciptaan dan
pertukaran “user-generated content”.
Jejaring Sosial (Social Network)
Pengertian Social Network, “Jejaring sosial adalah struktur sosial yang
terdiri dari elemen-elemen individual atau organisasi. Jejaring ini menunjukan
jalan dimana mereka berhubungan karena kesamaan sosialitas, mulai dari mereka
yang dikenal sehari-hari sampai dengan keluarga”. Istilah ini diperkenalkan oleh profesor J.A.
Barnes di tahun 1954.
KASUS
1.
Dampak baik
dan buruknya dari penggunaan sosial media seperti jejaring sosial yang sedang
berkembang pesat sekarang ini. Dimana salah satu dampak baikya yaitu mempererat
jalinan persaudaraan penggunanya, sedangkan dampak buruknya menyalahgunakan
fasilitas tersebut untuk berbuat hal – hal yang berbau kejahatan.
2.
Membandingkan
situs jejaring sosial buatan anak indonesia dengan jejaring sosial yang sedang
membooming sekarang ini yaitu Facebook (situs buatan luar negeri)
ANALISA
ANALISA
Pada kasus yang pertama dewasa ini sudah tidak asing bagi kita mendengar kata facebook, twitter, instagram dll. Yap dari anak kecil , remaja,
dewasa pasti kehidupan sehari – harinya selalu
ditemani dengan handphone miliknya yang dengan sadar selalu terkoneksi
ke salah satu situs jejaring sosial ntah facebook
maupun twitter. Disaat tengan
kesibukan sekolah maupun kerja seseorang tak ketinggalan mengecek gadget hanya
sekedar melihat notifikasi yang masuk dari akun jejaring sosialnya. Yap bagi
masyarakat sekarang ini, menggunakan fasilitas Social network bagaikan kebutuhan pokok kehidupannya sehari –
hari. Ditambah kemajuan teknologi yang
mambuat semakin mudah dan cepatnya dalam mengakses koneksi ke internet, membuat
mereka yang menggunakan fasiitas tersebut semakin semangat dalam menjalani
kehidupannya, karena kehidupannya menjadi lebih canggih dan penuh warna.
Berikut ini adalah dampak postif dari jejaring sosial yang sedang membooming sekarang ini bagi mereka yang menggunakannnya :
Dampak Positif :
- Jejaring sosial merupakan alat untuk seseorang saling bertukar informasi. Dalam dunia kerja,bisnis maupun dalam kehidupan sehari-hari mereka.
- Memperluas pergaulan khususnya para remaja yang pada dasarnya para remaja adalah makhluk yang selalu ingin tau hal-hal baru yang sedang berkembang.
- Mempermudah masyarakat untuk memperoleh informasi dari luar maupun dalam negeri.
- Sebagai sarana untuk mengasah keterampilan teknis dan sosial merupakan kebutuhan yang wajib dipenuhi agar bisa bertahan hidup dan berada dalam neraca persaingan diera modern seperti sekarang ini. Hal ini sangatlah penting, tidak ada batasan usia, semua orang butuh untuk berkembang.
Namun pernahkah terbesit oleh kita bila ternyata
Social network tersebut juga
mengandung banyak dampak negatif,
seperti berikut ini :
Dampak negatif
jejaring sosial :
1. Seorang pelajar
biasanya akan menjadi lebih malas belajar
Jejaring sosial juga bisa membuat
seseorang kecanduan, termasuk pelajar. Biasanya pelajar yang kecanduan dengan
jejaring sosial akan lebih malas belajar karena keinginannya untuk terus menggunakan
jejaring sosial tersebut.
2. Bahaya
kejahatan,
Artinya bukan tidak mungkin terdapat
orang jahat yang menggunakan jejaring sosial. Karena jejaring sosial juga bisa
digunakan oleh mereka sebagai tempat mencari target. Salah satu kasus yang
sering terjadi adalah penculikan oleh orang yang dikenal dari jejaring sosial.
3. Bahaya penipuan
Tidak sedikit kasus penipuan yang
terjadi di jejaring sosial. Artinya jejaring sosial juga bisa menjadi tempat
promosi bagi para penipu yang sedang mencari korban. Jadi, anda tidak boleh
langsung percaya jika seseorang yang tidak dikenal menawarkan suatu barang,
jasa, dll
4. Tidak semua
pengguna jejaring sosial bersifat baik dan sopan
Artinya
tidak sedikit pengguna jejaring sosial yang mungkin bersifat kasar/tidak sopan,
hal ini jelas sangat berbahaya untuk anak-anak. Karena bukan tidak mungkin
mereka meniru kata-kata atau kalimat yang tidak sopan dan tentunya tidak patut
mereka tiru.
Setelah kita mengetahui dampak
baik dan buruknya dari penggunaan jejaring sosial, sekarang pada kasus yang
kedua ini kita akan lebih mengenal lebih dalam mengenai jejaring – jejaring
sosial yang ada sekarang ini. Yap disini kita akan mencoba membandingkan
jejaring sosial yang namanya sudah tak asing lagi bagi kita karena sudah sangat
mendunia yaitu Facebook dengan
jejaring sosial kreasi anak bangsa Indonesia. Di negara kita ini sebenarnya
sudah cukup banyak jejaring sosial yang telah dibuat tetapi namanya tidak cepat
terangkat bahkan langsung tenggelam karena selalu dibayang – bayangi nama besar
yang sudah ada, seperti facebook ,
twitter, dll.
Nama – nama Jejaring sosial
kreasi anak bangsa antara lain Fupei.com , Adandu.com, Digli.com,
Otofriends.com, Lilocity.com, Kongkoow.com, Kenalanyuk.com, Indoface.com, dan
masih banyak lagi. Tetapi disini saya hanya membandingkan nama besar facebook
dengan salah satu jejaring sosial lokal yaitu Digli.com.
Perbandingan Digli (Situs buatan Indonesia) dengan Facebook (Situs buatan
Luar Negeri)
Digli
Salah
satu situs jejaring sosial kreasi anak Indonesia adalah Digli. Melalui situs
ini membantu kita untuk berteman dan berkomunikasi dengan teman lain. Digli pun
juga membantu kita untuk mencari teman-teman baru.Warna dari digli kental
dengan budaya asli Indonesia, dan penggunanya pun banyak dari lokal atau dari
dalam negeri, sehingga untuk berkomunikasi menjadi lebih mudah.
Adapun fitur yang ditampilkan dalam Digli yaitu,
- Home. Menampilkan aktivitas terbaru teman seperti photo, status, dll.
- Album. Ketika membuka fitur album langsung ditampilkan koleksi dari teman-teman pengguna. Bisa melihat album kepunyaan kita. Untuk tambah foto juga ada dengan mengikuti langkah-langkahnya. Selain itu jufga disediakan fitur untuk mencari koleksi album umum tinggal dengan searching dan mengetikkan apa yang ingin kita cari.
- Blog. Untuk menerbitkan blok user. Dan blok teman pengguna pun juga sudah ditampilkan. Dan di Blog ini dibantu untuk mencari blog lain sesuai dengan keinginan kita.
- Chat. Mempermudah berkomunikasi lewat fitur ini, dan bersifat privasi sesuai dengan teman chat pengguna.
- Forum. Merupakan fitur sebagai wadah untuk bergabung dalam sebuah komunitas. Sehingga kita bisa mengetahui informasi tentang komunitas yang kita ikuti dan mengetahui teman yang sama hobinya dengan kita.
- Videos. Fitur ini membantu memberikan informasi atau tampilan-tampilan video, kita juga bisa mencari video sesuai dengan yang kita inginkan. Dan kita juga bisa memposting video yang kita miliki.
Kelebihan Digli
· Seperti yang saya paparkan di
atas, di situs digli memiliki fitur yang sudah cukup memadai. Kalau
dibandingkan dengan facebook di dalam digli ada forum yang bisa membantu untuk
kita bergabung pada komunitas sesuai dengan minat kita, kita pun bisa
memperoleh teman yang sesuai dengan minat kita. Dalm kolom foto blog dan video,
kita bisa mencari sesuai dengan keinginan. Karena sudah disediakan.
·
Karena merupakan produk Indonesia
dengan kita ikut bergabung maka kita ikut memperkuat dan mendukungproduk buatan
negeri.
·
Dalam penggunaannya mudah dan
simple.
Kekurangan Digli
·
Buatan Indonesia tapi pakai
bahasa Inggis, dengan begitu meyulitkan pengguna yang pada dasarnya orang
Indonesia.
·
Dalam Digli meski kita belum
berteman dengan pengguna tapi sudah ditampilkan informasinya, sehingga
menjadikan bingung.
·
Untuk kolom Invite kurang begitu
paham.
·
Untuk tampilan secara umum kurang
menarik.
Facebook
Seperti yang kita ketahui bahkan sudah marak
facebook merupkan situs yang paling diminati oleh banyak orang. Fitur yang ‘wah’
membuat orang memilih facebook sebagai media jejaring social untuk bekomunikasi
dengan pengguna lain dan untuk mencari informasi sekaligus juga akhir-akhir ini
digunakan sebagai media bisnis.
Fitur yang ditampilkan dalam facebook yaitu :
·
Beranda. Menampilkan aktivitas
pengguna lain. Aktivitas yang popular ataupun aktivitas yang baru. Beranda
menampilkan Group yang kita ikuti berserta ada atau tidaknya aktivitas baru
dari group yang kita ikuti. Selain itu juga ada aplikasi, dengan begitu kita
bias menambahkan aplikasi ataupun menyarankan orang lain untuk mengikuti
aplikasi kita..
· Dalam Profil kita bias
menampilkan foto ataupun mau mengikutkan teman lain untuk
bergabung.aktivitas-aktivitas juga bias kita tampilkan
·
Yang tebaru dalam facebook kita
bisa menambahkan lokasi karena ada seperti peta.
·
Jika kita menulis status atau
foto bisa menggabungkan pengguna lian
·
Sekarang juga ada video call bagi
pengguna facebook.
·
Ada fitur untuk obrolan.
Kelebihan
o Fiturnya lengkap dan selalu update
o Terdapat versi mobile agar tampilannya lebih hemat.
o Loadingnya cepat.
o Tampilanya menarik
o Mudah diakses dan simple
o Secara otomatis menampilakn aktivitas baru pengguna lian
Kelamahan
o Iklan yang terlalu banyak terkadang menggangu pengguna.
o Banyaknya akun cloningan / palsu saking banyaknya pengguna.
o Sulit menemukan teman dari pencarian teman karena banyak user yang memiliki
nama yang sama
Kemiripan Digli
dengan Facebook
·
- Pada Home menampilkan Username dan Foto Digital.
- Dapat bergabung dengan Grup dan minat tertentu sesuai dengan keinginan pengguna.
- Dapat memperbaharui dan menulis status yang dapat dikomentari oleh teman pengguna.
- Adanya fitur c, hatyang berfungsi sebagai aplikasi untuk mengobrol dengan teman. Mempunyai bentuk kolom dan Letak yang sama antara Facebook dengan D.igli
- Dapat membuat acara menggunakan kalender. Hanya penempatannya saja yang berbeda.
- Daftar profil Digli hampir sama dengan Facebook.
- Secara keseluruhan dapat ditarik kesimpulan bahwa Digli sangat mirip dengan Facebook Hanya saja berbagai penampilan dan oeletaka fitur digli, dibuat lebih sederhana.
REFERENSI
- http://members.tripod.com/octa_haris/internet.html
- http://id.wikipedia.org/wiki/Internet
- http://jamkunjung.blogspot.com/2010/10/teori-tentang-new-media.html
- https://sites.google.com/site/intanwebs/our-story-2/about-the-bride
- http://www.bimbingan.org/dampak-jejaring-sosial-di-indonesia.htm