Pengertian E-Commerce
E-Commerce atau disebut juga perdagangan elektronik
merupakan aktivitas yang berkaitan dengan pembelian, penjualan, pemasaran
barang ataupun jasa dengan memanfaatkan sistim elektronik seperti internet
ataupun jaringan komputer.
E-commerce juga melibatkan aktivitas yang
berhubungan dengan proses transaksi elektronik seperti transfer dana
elektronik, pertukaran data elektronik, sistim pengolahan data inventori yang
dilakukan dengan sistim komputer ataupun jaringan komputer dan lain sebagainya.
Dalam teknologi informasi e-commerce dapat
dikategorikan sebagai bagian dari e-business dimana e-business memiliki cakupan
yang lebih luas baik dari segi aktivitas ataupun jenis jenis kegiatan yang
dilakukannya.
Jenis E-Commerce
Ada beberapa jenis e-commerce yang biasanya
dilakukan banyak orang melalui media internet seperti di jelaskan di bawah ini.
- E-Commerce Business To Business (B2B)
Jenis e-commerce Business to Business atau B2B
adalah bisnis yang dilakukan oleh orang atau pihak yang saling memiliki
kepentingan bisnis di dalamnya dimana kedua belah pihak biasanya sudah saling
mengenal dan saling mengetahui proses bisnis yang mereka lakukan satu sama lain.
Biasanya jenis bisnis B2B dilakukan secara
berkelanjutan atau saling berlangganan, transaksi ini dilakukan karena diantara
kedua belah pihak saling menguntungkan dan adanya kepercayaan satu sama lain.
Contoh dari bisnis B2B adalah dua perusahaan yang
saling mengadakan transaksi jual beli atau supply barang yang dilakukan melalui
transaksi online dari internet, begitu juga dengan payment yang biasanya mereka
lakukan yaitu dengan menggunakan kredit card dari internet.
- E-Commerce Business To Consumer (B2C)
Jenis E-Commerce B2C adalah jenis bisnis yang
dilakukan antara pelaku bisnis dengan konsumen, seperti antara produsen yang
menjual dan menawarkan produknya ke konsumen umum secara online. Disini pihak
produsen akan melakukan bisnis dengan menjual dan memasarkan produknya ke
konsumen tanpa adanya feedback dari konsumen untuk melakukan bisnis kembali
kepada pihak produsen, yang artinya produsen hanya menjual atau memasarkan
produk ataupun jasanya dan pihak konsumen hanya sebagai pemakai atau pembeli.
- E-Commerce C2C
Jenis E-Commerce Consumen to Consumen dilakukan
antara konsumen dengan konsumen, sebagai contoh pelanggan dari sebuah produsen
akan menjual kembali kepada konsumsen lainnya.
- E-Commerce Consumen to Business (C2B)
Jenis E-Commerce Consumen To Businses dilakukan oleh
konsumen kepada para produsen yang menjual produk ataupun jasanya, sebagai
contoh konsumen akan memberitahukan detail produk atau jasa yang dia inginkan
melalui media internet kepada para produsen, yang kemudian produsen yang
mengetahui permitnaan tersebut akan menawarkan produk atau jasa yang diinginkan
oleh konsument tersebut.
Manfaat
E-Commerce
Beberapa manfaat E-Commerce dapat kita lihat seperti
berikut ini.
- Mempermudah komunikasi antara konsumen dan produsen
- Memperluas jangkauan calon konumsen dengan taget pasar yang tidak terbatas
- Mempermudah pemasaran dan promosi barang ataupun jasa.
- Proses e-commerce lebih mudah untuk dilakukan baik untuk menjual barang ataupun membeli.
- Pembayaran atau payment yang mudah yang dapat dilakukan secara online.
- Penyebaran informasi yang begitu mudah untuk dilakukan
Pengertian E-Business
E-business adalah kegiatan bisnis yang dilakukan
secara otomatis dengan memanfaatkan teknologi elektronik seperti komputer dan
internet. E-business memungkinkan suatu perusahaan untuk berhubungan dengan
sistem pemrosesan data internal dan eksternal secara lebih efisien dan
fleksibel. Contoh dari e-business misalnya pembelian barang secara online
melalui www.tokopedia.com. Dari proses pemesanan barang, konfirmasi pembayaran,
hingga konfirmasi bahwa pengiriman barang tersebut sudah sampai kepada customer
dilakukan secara elektronik.
E-business memiliki karakteristik tujuan yang sama
dengan bisnis secara konvensional, hanya saja e-business memiliki cakupan yang
berbeda. Bisnis mengandalkan pertemuan antar pebisnis seperti halnya rapat
ditempat khusus, atau sekadar untuk berkenalan dengan partner bisnis, sedangkan
e-business mengandalkan media internet sebagai sarana untuk memperoleh
tujuannya.
Dalam kegiatan e-business, ada lima kemungkinan
bentuk hubungan bisnis berdasarkan transaksinya, yaitu :
- Business to Business (perdagangan antar pelaku usaha bisnis)
- Business to Consumer (perdagangan antar pelaku usaha bisnis dengan konsumen)
- Consumer to Consumer (perdagangan antar konsumen yang satu dengan konsumen yang lain)
- Consumer to Business (perdagangan antar konsumen dengan pelaku bisnis atau perusahaan)
- Intrabusiness e-business (perdangan dalam lingkup intranet perusahaan yang melibatkan pertukaran barang, jasa, dan informasi.
Sasaran dari e-business adalah pasar atau market.
Menurut Forrester Research, telah terjadi perkembangan yang sangat fantastis
terhadap jumlah komputer yang terhubung dalam internet, termasuk penggunanya.
E-business market ini menyimpan peluang omset yang besar yang dapat
diperebutkan oleh para pebisnis.
Tahapan
E-business
Ada empat tahap pemanfaatan jaringan komputer dan
internet untuk tujuan e-business, di mana terjadi transformasi perusahaan tradisional
ke e-business, diantaranya sebagai berikut:
- Mendayagunakan komputer
- Mendayagunakan jaringan dan internet (seperti email, chat messanger, IRC, dll,.)
- Membangun dan mendayagunakan web
- E – commerce
Jadi dapat disimpulkan bahwa pengertian e-commerce
dan e-business apabila tidak dipahami terlebih dahulu akan membuat pembahasan
tentang hal tersebut menjadi tidak sistematis. Hal ini dikarenakan kebingungan
dalam menentukan istilah yang paling cocok untuk mewakili konsep perdagangan
dengan sarana elektronik.
Perbedaan yang mendasar antara e-commerce dan
e-business adalah bahwa tujuan e-commerce berorientasi pada bagaimana
memperoleh keuntungan, sedangkan e-business berorientasi pada kepentingan
jangka panjang dan sifatnya abstrak seperti kepercayaan konsumen, pelayanan
terhadap konsumen, peraturan kerja, relasi antar mitra bisnis, dan penanganan
masalah sosial lainnya. Selain dari perbedaan yang dimiliki oleh keduanya,
ternyata keduanya juga memiliki persamaan tujuan yaitu memajukan perusahaan
menjadi perusahaan yang lebih besar dari sebelumnya.
Sumber :
http://www.patartambunan.com/pengertian-e-commerce-manfaat-serta-keuntungan-e-commerce/
http://octianaeni.blogspot.com/2013/10/definisi-e-business-dan-perbedaannya.html
http://www.patartambunan.com/pengertian-e-commerce-manfaat-serta-keuntungan-e-commerce/
http://octianaeni.blogspot.com/2013/10/definisi-e-business-dan-perbedaannya.html