Desain Pemodelan Grafik
1. Desain
Desain atau yang sering disebut sebagai seni
terapan, atau arsitektur. Desain memiliki arti yaitu proses membuat dan
menciptakan obyek baru dalam bentuk sebuah rencana atau obyek nyata. Pengertian
desain secara umum yaitu suatu pemikiran baru yang fundamental seni dengan
tidak hanya menitik-beratkan pada nilai estetik, namun juga aspek fungsi dan
latar industri secara massa, yang memang pada realitanya pengertian desain
tidak hanya digunakan dalam dunia seni rupa saja, namun juga dalam bidang
teknologi, rekayasa, dll.
2. Pemodelan
Pemodelan diambil dari kata model yang artinya
rencana, representasi, atau deskripsi yang menjelaskan suatu objek, sistem,
atau konsep, yang seringkali berupa penyederhanaan atau idealisasi. Bentuknya
dapat berupa model fisik (maket, bentuk prototipe), model citra (gambar
rancangan, citra komputer), atau rumusan matematis. Dalam hal ini model
dirujukkan pada representasi objek seperti : model benda (representasi fisik
suatu objek), model berskala (replika atau purwarupa suatu objek), model 3D
(representasi tiga dimensi suatu objek), model manusia (representasi dari
manusia yang dapat ditiru oleh manusia lainnya).
3. Grafik
Grafik berasal dari kata grafika yang artinya segala
cara pengungkapan dan perwujudan dalam bentuk huruf, tanda, dan gambar yang
diperbanyak melalui proses percetakan guna disampaikan kepada khalayak.
Contohnya adalah : foto, gambar/drawing, Line Art, grafik, diagram, tipografi,
angka, simbol, desain geometris, peta, gambar teknik, dan lain-lain.
Secara keseluruhan Desain grafis adalah suatu bentuk
komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau
pesan seefektif mungkin. Desain grafis diterapkan dalam desain komunikasi dan
fine art. Seperti jenis desain lainnya, desain grafis dapat merujuk kepada
proses pembuatan, metoda merancang, produk yang dihasilkan (rancangan), atau
pun disiplin ilmu yang digunakan (desain).
Desain grafis memiliki unsur yaitu bentuk, tekstur,
garis, ruang, warna yang membentuk prinsip-prinsip desain visual. Dimana
prinsip-prinsip tersebut meliputi keseimbangan, tekanan, proporsi, dan kesatuan
yang membentuk aspek-aspek structural komposisi yang lebih luas.
Desain pemodelan grafis adalah suatu ilmu yang
mempelajari tentang membuat dan menciptakan obyek baru berupa seni terapan,
arsitektur, dan berbagai pencapaian kreatif lainnya yang direkayasa perangkat
lunak merupakan suatu hal yang dilakukan di tahapan awal untuk
pembuatan,penyimpanan,dan manipulasi model dan citra.
Desain Pemodelan Grafis juga berkaitan erat dengan
grafik komputer. Berikut kegiatan yang terkait dengan grafik komputer :
•
Pemodelan geometris yaitu menciptakan
model matematika dari objek- objek 2D dan 3D.
•
Rendering yaitu memproduksi citra yang
lebih solid dari model yang telah dibentuk.
•
Animasi yaitu menetapkan/menampilkan
kembali tingkah laku/behavior objek bergantung waktu.
•
Kerangka Grafik Komputer.
•
Graphic library/package (contoh:Open GL)
adalah perantara aplikasi dan display hardware (Graphic System.
•
Application program memetakan objek
aplikasi ke tampilan/citra dengan memanggil graphics library.
•
Hasil dari interaksi user
menghasilkan/modifikasi citra.
•
Citra merupakan hasilakhir dari sintesa,
desain, manufaktur, visualisasi dll.
Design Modeling
Graphics
Design Modeling
Graphics consists of three words, namely the design, modeling, and graphics.
1. Design
Design or often
referred to as the applied art, or architecture. Design has a meaning that is
the process of making and creating new objects in the form of a plan or a real
object. Understanding of design in general is a fundamental new thinking not
only of art with emphasis on aesthetic value, but also aspects of the industry
as a background function and mass, which is in reality the sense of design is
not only used in the art world, but also in the field of technology,
engineering, etc.
2. Modeling
Modeling is taken from
the word model means plans, representations, or descriptions that describe an
object, system, or concept, which is often in the form of simplification or
idealization. The form can be either physical models (mockups, prototype), the
model image (image design, computer images), or mathematical formulas. In this
case referred to the object representation models such as: a model object (a
physical representation of an object), scale model (replica or a prototype of
an object), the 3D model (three-dimensional representation of an object), human
model (representation of a human being that can be replicated by man other).
3. Graph
The graph is derived
from the word graph which means all manner of disclosure and embodiment in the
form of letters, signs, and images were reproduced through the printing process
in order to be delivered to the audience. Examples are: photo, picture / drawing,
Line Art, graphs, diagrams, typography, numbers, symbols, geometric designs,
maps, engineering drawings, and others.
Overall Graphic design
is a form of visual communication that uses images to convey information or
message as effectively as possible. Graphic design is applied in communication
design and fine art. As with other types of design, graphic design can refer to
the process of manufacture, design methods, the resulting product (design), or
any discipline that is used (design).
Graphic design has
elements of shape, texture, line, space, colors that make up the visual design
principles. Where these principles include the balance, pressure, proportion,
and unity that form the structural aspects of a larger composition.
Design of graphical
modeling is a study of making and creating new objects in the form of applied
art, architecture, and various other creative achievement engineered software
is something that is done in the early stages of manufacture, storage, and
manipulation of models and images.
Design Modeling
Graphics also closely related to computer graphics. The following activities
related to computer graphics:
•
Geometric
Modeling of creating a mathematical model of 2D and 3D objects.
•
Rendering is
producing a more solid image of the model has been established.
•
Animation is set
/ display back behavior / behavior of time-dependent objects.
•
Framework for
Computer Graphics.
•
Graphic library
/ package (example: Open GL) is an intermediary application and display
hardware (Graphic System.
•
Application
program mapped application objects to the display / graphics image by calling
the library.
•
Results of user
interactions generate / modify the image.
•
The image is
hasilakhir of the synthesis, design, manufacturing, visualization etc.
Referensi : http://sayamanusia-kukubima.blogspot.sg/2013/11/desain-pemodelan-grafik.html